bispariwisata.blogspot.com Merupakan Solusi Praktis Sewa Bus Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Mabuk Perjalanan



Mabuk Perjalanan, Bagaimana solusinya?

“Makanya sarapan dulu kalau mau berangkat!”, ini yang selalu di lontarkan oleh ibuku sebelum kami melakukan perjalanan jauh apa lagi naik kendaraan umum. Maklum!! Karena saya mempunyai penyakit kambuhan yaitu jika saya naik kendaraan umum seperti angkot atau bus, saya pasti merasa mual dan muntah. Pernah suatu hari paman saya mengajak keluarga saya untuk wisata ke Malang, kebetulan pada saat itu yang berangkat saya dan ibu, pakek mobil paman. Selang beberapa menit perut saya udah terasa mules. Biasanya yang sering saya alami untuk gejala awal mabuk kendaraan, selain parut mules juga sering menguap dan di iringi sedikit sakit kepala dan kalau di biarkan terus menerus maka isi lambung akan keluar, hehe muntah maksudnya. Kejadian ini terus menerus saya alami pada saat saya naik kendaraan. Sehingga pada saat keluarga saya yang lain bersenang senang di tempat wisata, saya hanya bisa bersandar lemas di dalam mobil. Sehingga waktu seharian saya gunakan untuk tidur aja, Karena badan saya udah tidak kuat lagi untuk berdiri, lemas dan tidak berdaya.

Bagi sebagian orang perjalanan yang jauh dengan menggunakan kendaraan sangat menyenangkan dan mengasyikkan, tetapi lain halnya dengan yang suka mabuk dalam perjalanan. Tidak menyenangkan memang! Tetapi, apa bisa hilang atau tidak bisa! Terkadang ketakutan itu yang sering muncul. Ada sebuah pengalaman dari teman saya, sejak kecil dia mempunyai masalah itu, jika naik kendaraan umum di selalu muntah, tetapi setelah beranjak dewasa udah tidak lagi, karena saking seringnya dia naik angkutan lama-lama dia terbisa, dan itu hilang dengan sendirinya. Ada juga teman saya sampai dia udah menikah tidak berani naik kendaraan umum, karena di dalam pikirannya kalau dia naik kendaraan pasti muntah. Memang! Perjalanan akan terasa membosankan apalagi pada saat kita berwisata dan kita mabuk dalam perjalanan. Ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut dan kita lihat penyebab atau faktor yang menyebabkan mabuk dalam berkendara. 

            Kemudian apa yang bisa membuat mabuk dalam perjalanan, sebenarnya faktor memicunya banyak. Yang perlu di perhatikana adalah sebagai berikut :

1.      Posisi yang tidak nyaman.


Dengan posisi tempat duduk yang tidak nyaman ini akan menjadi penyebab kita mabuk perjalanan. Cara menanggulanginya yaitu dengan cara duduk di tempat di nyaman.
misal :
-         Jika menggunakan mobil Pribadi, bisa duduk di sebelah supir atau di depan supaya bisa melihat sekeliling dan bisa melihat ke depan (jalan raya).
-         Dan jika berkendara menggunakan bus, duduklah di belakang supir atau carilah tempat duduk yang tidak terlalu banyak goncangan. Jangan duduk di belakang sendiri atau duduk dibelakang (posisi diatas roda belakang). Dan usahakan untuk duduk selalu menghadap kedepan karena ada juga mobil angkutan yang tempat  duduknya berhadap hadapan, kedepan dan kebelakang atau menyamping.
-         Usahakan posisi duduk juga jangan terlalu tegak dan juga jangan terlalu membungkuk, duduklah senyaman mungkin buat kondisi tubuh untuk tetap rileks dan jangan terlalu tegang.

2.      Kondisi tubuh yang kurang vit.


Kondisi badan yang kurang vit, merupakan hal yang sangat rawan. Harus lebih waspada. Usahakan sebelum kita berangkat, perut jangan sampai kosong. Dan makan seperti biasanya, jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit. Jika memang diperlukan minumlah obat-obatan yang memang di rasa perlu.

3.      Bau yang terlalu tajam / tidak enak.


Jika kendaraan ber AC, bau kabin kendaraan atau bau aroma pengharum mobil yang menyengat juga bisa berpengaruh. Dan jika kendaraan tidak ber AC bau yang datang dari luar seperti bau solar dan asap knalpot kendaraan lain. Ini yang sering menjadi pemicunya. Jika memungkinkan, kaca kendaraan bisa di buka sebentar untuk menghilangkan bau yang terlalu tajam, jika memang tidak memungkinkan kita bisa makan permen jahe atau memakai masker untuk mencegah bau yang masuk ke dalam tubuh.

4.      Kurangnya sirkulasi udara.


Pengapnya udara didalam kendaraan bisa membuat kepala pusing dan mual sampai muntah, karena memang sirkulasi yang tidak bagus.  

5.      Jalan yang terlalu banyak tikungan atau naik turun seperti di pegunungan.


Dengan jalan yang tidak rata dan banyak tikungan atau naik turun. Ini justru akan membuat kepala pusing dan perut kita seperti dikopyok (diaduk). Kondisi seperti ini yang akan mempercepat proses keluarnya makanan dari perut, hehe alias muntah. Cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara memejamkan mata kalau bisa digunakan tidur akan lebih baik. Tetapi ini masalah ini tidak akan terlau berat jika tempat duduk kita didepan. 

6.      Faktor supir.



Supir merupakan faktor utama dalam laju kendaraan. Jangankan bus, mobil pribadipun kalau si supir membawakannya dengan ugal ugalan bisa membuat penumpang muntah atau mabuk kendaraan.  

7.      Kendaraan yang di gunakan.



Selain sopir yang mempunyai peranan dalam laju kendaraan, kendaraan pun juga mempunyai peranan penting. Karena pengaruh suspensi setiap kendaraan berbeda- beda. Tidak ada cara lain kita harus pandai dalam memilih kendaraan supaya kita bisa merasa nyaman dalam setiap perjalanan. 

Cara penanggulangan jika sudah mabuk perjalanan.

Jika pada saat perjalanan kita mabuk kendaraan dan muntah di dalam kendaraan dan perjalanan masih jauh, usahan untuk berhenti sejenak. Belilah teh hangat atau minuman jahe hangat. Karena itu bisa menghilangkan rasa mual setelah muntah dan jika membawa minyak kayu putih atau balsem bisa di usapkan ke perut, leher dan kepala dan setelah itu usahan untuk tidur karena jika kita masih tetap terbangun maka besar kemungkinan kita bisa muntah lagi. Tetapi kita juga harus waspada jika kita naik angkutan umum sendirian. Hati hati dengan barang bawaan Karena banyak sekali tangan-tangan jahil di dalam angkutan umum. 

Tips sebelum naik kendaraan bagi yang suka mabuk perjalanan.

Sebelum berangkat usahakan kita mempersiapkan diri seperti, kita harus berfikiran kalau kita tidak akan muntah kalau naik kendaraan karena ini sangat penting. persiapkan kantong kresek kecil, obat-obatan ringan kemudian bawa permen rasa jahe, karena ini sangat membantu selama perjalanan dan cari lah tempat duduk yang sesuai dan jangan lupa posisikan tubuh senyaman mungkin.


Buatlah suasana dalam kendaraan menyenangkan dan Mabukpun akan hilang

Dengan di dukung oleh supir berpengalaman dan armada terbaik yang mengutamakan kenyamanan. bispariwisata.blogspot.com selalu siap memberikan solusi praktis yang terbaik bagi setiap rekan-rekan kami.