bispariwisata.blogspot.com Merupakan Solusi Praktis Sewa Bus Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Ciri-ciri Supir Bus Yang Mengantuk



Untuk di setiap perjalanan kita tidak akan terlepas dengan yang namanya mengantuk baik itu di saat kita mengendarai sepeda motor , mobil atau bahkan angkutan umum, banyak sekali himbauan-himbauan dari instansi-instansi pemerintahan untuk para pengendara sepeda motor dan supir supaya lebih waspada karena salah satu faktor yang paling besar dalam kecelakaan lalu lintas adalah supir yang mengantuk.

Dari data NTMC KORLANTAS POLRI menyebutkan bahwa ada 5 faktor yang menyebabkan kecelakaan yaitu Manusia, Alam, Kelayakan Kendaraan, Kelayakan Jalan dan Prasarana Jalan. Faktor yang paling dominan adalah faktor manusia yang di akibatkan dari kehilangan konsentrasi dan mengantuk. 

Di sebutkan di situs tempo.co menyebutkan bahwa ada 6 Faktor penyebab yang paling sering memicu terjadinya kecelakaan yaitu Pengemudi kehilangan konsentrasi (55 %), Lelah dan mengantuk (45 %), Pengaruh Alkohol dan obat (30 %), Kecepatan melebihi batas (30 %), Cuaca (13 %), Komponen tak beres (10-14 %).

Apa jadinya jika supir Bus Pariwisata yang kita tumpangi mengantuk… walahh jangan sampek. Karena akan berakibat sangat fatal. Untuk mengantisipasi hal tersebut ada beberapa alternatif yang harus kita lakukan :

·         Supir sering menguap.

Menguap merupakan hal yang dasar jika kita merasa mengantuk karena kurangnya oksigen ke otak sehingga otak memerintahkan tubuh untuk mendapatkan oksigen dengan cara menguap. Memang kadang-kadang tidak semua orang yang menguap itu mengantuk ada juga yang merasa kecapean, tetapi secara umum atau garis besar kalau orang menguap itu berarti orang yang bersangkutan telah mengantuk. Jika supir bus yang mengantarkan kita sering menguap maka kita harus tau berarti supir tersebut mengantuk berat, kita sebagai penumpang harus mengingatkan supir untuk istirahat sejenak, paling sedikit kita bisa memberi waktu untuk sopir beristirahat sekitar 15 menit dan di usahakan untuk tidur sejenak. Biarpun cuman 15 menit tetapi cara ini merupakan cara yang lebih ampuh untuk mengatasi rasa kantuk yang berat.    

·         Laju Bus Tidak Stabil, kekanan dan ke kiri.

Ini merupakan salah satu ciri supir yang mengantuk, orang yang mengantuk itu hampir sama dengan orang yang mabuk tetapi bedanya orang yang mengantuk masih sadar dan cepat untuk sadar kembali. Hal yang harus kita lakukan disamping hal yang di atas (mengajak supir untuk istirahat sejenak) yang kita lakukan kita juga harus sedikit mengajak komunikasi atau kita mengajak ngobrol si supir, tetapi jangan terlalu sering karena bisa mengganggu konsentrasi si supir yaaa… sewajarnya saja karena dengan sedikit komunikasi dengan sopir bisa menghilangkan rasa kantuk.

·         Di jalan yang sepi kendaraan melaju dengan pelan.

Ketidak wajaran laju kendaraan yang harus kita waspadai karena salah satu ciri supir yang mengantuk adalah laju kendaraan yang tidak wajar, memang kalau sebagai penumpang yang umum yang belum terbiasa dengan kendaraan tidak akan memperhatikan tetapi yang sudah terbiasa mereka tau dan lebih paham. Ketidak wajaran kendaraan yang di naiki pada saat melaju pada jalan yang sepi, kendaraan melaju dengan pelan, beda jika kendaraan trouble dan di haruskan untuk melaju dengan kecepatan rendah. Untuk mengatasi masalah ini supaya supir tidak mengantuk disamping menggunakan dua cara yang di atas kita juga bisa memberikan mungkin makanan ringan atau kita bisa memberikan permen ke supir ini merupakan salah satu alternatif supaya supir bisa tetap terjaga.
    
Kita harus sangat berhati hati dengan supir yang merasa capek atau mengantuk pada saat perjalanan, jika dengan memberikan makanan ringan dan mengajak berbicara masih tidak bisa menghilangkan rasa ngantuk cara yang terbaik yaitu kita bisa mengajak supir untuk berhenti di rest area atau di tempat pengisian bahan bakar untuk istirahat dan di usahakan untuk tidur.
Bispariwisata.blogspot.com selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan kami.